3 Cara Manfaatkan AI Untuk Lebih Produktif Dalam Bekerja
Sumber: MIT News

Finance / 3 October 2023

Kalangan Sendiri

3 Cara Manfaatkan AI Untuk Lebih Produktif Dalam Bekerja

Lori Official Writer
964

Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence (AI)) telah menjadi bagian integral dari berbagai aspek kehidupan kita saat ini. Namun, penggunaan yang tepat dari AI dapat memberikan manfaat luar biasa, terutama di dunia kerja. Sarah Hoffman, pemimpin dari penelitian AI dan pembelajaran mesin di Fidelity Investments, membagikan pandangannya tentang bagaimana AI bisa membantu kita semakin produktif di dalam bekerja. 

Berikut 3 cara memanfaatkan AI supaya kita semakin produktif.

1. Permudah urusan kerja dengan bantuan AI

Baik para pebisnis, penelitian, atau pengembang perangkat lunak, AI generatif bisa sangat membantu dalam hal membereskan beberapa urusan pekerjaan. Seperti meminta chatbot AI generatif dari OpenAI, membuatkan template presentasi yang detail dalam hitungan detik. Jadi pekerjaan yang biasanya memakan waktu lama bisa dilakukan dalam hitungan menit. Dan bagi Anda yang bahkan tidak punya dasar ilmu atau skill untuk urusan ini bisa sangat mengandalkan AI sebagai penyelamat Anda.

Tapi sebagai catatan, seluruh isi konten yang disajikan AI tidak selalu benar. Menurut sebuah studi dari Universitas Purdue pada Agustus 2023, ChatGPT memberikan jawaban yang salah sebanyak 52% pertanyaan rekayasa perangkat lunak. Jadi perlu ada verifikasi manual dari kita untuk memastikan keakuratan informasi yang diberikan oleh AI.

 

Baca Juga: 15 Aplikasi Kecerdasaan AI yang Mempermudah Pekerjaanmu, Apa yang Baru Anda Ketahui?

 

2. Jadikan sebagai sumber inspirasi

Sarah Hoffman sendiri sudah menganggap ChatGPT sebagai "teman bertukar pikiran." Meskipun mungkin terdapat kesalahan dan pemalsuan dalam jawaban AI, Anda dapat menggunakannya sebagai sumber inspirasi.

Sisi baiknya adalah kita bisa memakai sumber informasi yang disajikan oleh AI sebagai ide-ide kreatif. Sebagai contoh, ketika ditanya cara kreatif untuk memberikan pelajaran di kelas, ChatGPT memberikan jawaban yang bisa digunakan sebagai titik awal untuk merancang pengalaman belajar yang dinamis. Ini juga dapat membantu meningkatkan proses bertukar pikiran dengan tim kerja Anda.

 

Baca Juga: AI Semakin Merajalela, Inilah Tantangan yang Dihadapi Gereja dan yang Harus Dilakukan

 

3. Ada banyak jawaban untuk setiap pertanyaan

AI bisa jadi solusi dari setiap pertanyaan yang sulit kita jawab. Bahkan Anda bisa memanfaatkan AI untuk mengajukan pertanyaan yang mungkin terdengar "bodoh" tanpa merasa terhakimi oleh orang lain. Melalui AI kita memiliki kesempatan yang sangat luas untuk menemukan jawaban dari banyak pertanyaan di kepala kita, khususnya tentang bidang pekerjaan yang kita tangani.

Walaupun AI seperti seorang rekan yang baik untuk kita andalkan menyelesaikan beragam urusan kerja, tapi tetap ingat ya, keakuratan informasi yang diberikan AI harus selalu diperiksa. Kita perlu ingat bahwa AI tidak akan pernah bisa menggantikan sepenuhnya peran manusia di dalam memverifikasi keakuratan sebuah informasi. Tapi kita perlu akui kalau AI punya kapasitas untuk jadi sumber inspirasi, jawaban dan pertolongan di saat kita membutuhkan sesuatu yang lebih cepat. Jadi yuk tetap teliti ya memakai setiap informasi yang disajikan AI untuk keperluan urusan pekerjaan.

Halaman :
1

Ikuti Kami